Tags

,

Nggak jadi pahlawan pun nggak apa-apa… Aku cuma ingin jadi tokoh utama untuk hidupku sendiri

I am a Hero

I am a Hero – Copyright Kengo Hanazawa.

Kata-kata tersebut merupakan salah satu dialog yang paling saya sukai dalam komik terbaru yang diterbitkan oleh Level Comic kali ini. Berjudul “I am a Hero”, komik ini menceritakan tentang Hideo Suzuki, seorang asisten penulis komik yang berjuang menjadi pahlawan di dalam hidupnya sendiri dengan berusaha menjadikan serial komik terbarunya populer lagi.

Komik ini ditulis dan digambar oleh Kengo Hanazawa, dan pertama kali diterbitkan di Jepang pada tahun 2009 oleh Shogakukan dan merupakan pemenang Shogakuan Manga Award ke-58 dalam kategori Umum pada tahun 2012. Judul lain yang juga menerima penghargaan serupa adalah 20th Century Boys karangan Urasawa Naoki pada tahun 2002, Rainbow karangan George Abe dan Kakizaki Masasumi pada tahun 2005, dan Kurosagi karangan Takeshi Natsuhara dan Kuromaru pada tahun 2007.

Kembali kepada I am a Hero, apa yang membuat komik ini spesial dan memenangkan penghargaan tersebut, dan disandingkan selevel dengan 20th Century Boys, Rainbow, dan Kurosagi? Alur cerita yang menarik, dan latar belakang ceritanya. Untuk komik volume pertama ini, memang ceritanya bisa dibilang agak lambat, namun kita akan diperkenalkan dengan tokoh yang akan menjadi kunci cerita ini, dan melihat bagaimana jalan pikirannya dan linkungannya mempengaruhi perjalanannya dalam komik ini. Bagaimana kehidupannya sebagai asisten penulis komik, bagaimana pandangannya mengenai komik, dan bagaimana hubungannya dengan kekasihnya, Tetsuko Kurokawa (Tekko), serta teman imajinatifnya, Yajima.

Level Comic, divisi dari Elex Media Komputindo memang menerbitkan komik dengan rating Dewasa karena tema komiknya serta alur ceritanya yang cukup rumit dan tidak biasa. Dan kesan pertama yang didapat saat membaca komik ini tentu saja adalah perasaan ‘aneh’, seperti “ni komik apaan sih? freak banget dah…”, namun entah kenapa menarik dan tidak mau berhenti membacanya. Ada rasa penasaran tentang apa yang akan terjadi selanjutnya dan perasaan pembaca juga terkadang diaduk-aduk karena beberapa adegan dalam komiknya.

Yap, itulah komik terbaru yang saya baca kali ini. Sangat direkomendasikan, tentunya jika Anda menyukai bacaan yang sedikit membuat berpikir. Dan gambarnya juga gak terlalu jelek kok, jadi bisa dinikmati dengan baik.

Cheers,

I am a Hero by Kengo Hanazawa